Gudep SMP PT Pasangkayu Gelar Perkemahan Sabtu Minggu - Part 2

Gudep SMP PT Pasangkayu Gelar Perkemahan Sabtu Minggu  - Part 2 : Api Unggun


Prosesi Api Unggun

Pasangkayu (6/8) - SMP PT Pasangkayu mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) tanggal 5-6 Agustus 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahunnya oleh SMP PT Pasangkayu dan berlanjut.

Kegiatan PERSAMI dilaksanakan dengan tujuan yaitu melatih kemandirian, kedisiplinan, gotong royong, meningkatkan kepedulian,  dan membentuk peserta didik yang cakap, mandiri, berkualitas dan berkarakter.

Pada malam harinya di hari Sabtu malam Minggu tanggal 5 Agustus 2023 didalam kegiatan PERSAMI, SMP PT Pasangkayu Mengadakan Api Unggun dengan sebaik mungkin dan penuh hikmat, pukul 23.30 WIB s.d. selesai. 

Prosesi api unggun memang bukan hal yang baru dalam setiap kegiatan kepramukaan. Api unggun menjadi simbol kebersamaan antara sesama anggota kepramukaan. Didalam api unggun juga terdapat makna yang untuk saling berbagi ditengah kehangatan ikatan keluarga.

Api unggun biasanya dinyalakan untuk penerangan di malam hari dan juga untuk mengusir binatang buas. Namun, secara simbolis juga digunakan untuk menyalakan semangat Dasa Dharma Pramuka

Setelah Kegiatan Upacara Api Unggun selesai, dilanjutkan dengan Acara Pertunjukan pentas seni Oleh Regu-regu penggalang yang sudah mereka siapkan dan dibimbing oleh kakak-kakak seniornya. Dalam proses kegiatan Pentas seni tersebut, semua Adik-adik penggalang sangat antusias dalam menonton maupun mempertunjukan seni mereka. Kegiatan pentas seni ini diadakan untuk memeriahkan acara pada malam hari di kegiatan Persami SMP PT Pasangkayu, dan pentas seni ini pun termasuk dalam hiburan.

Setelah Semua Kegiatan Malam Selesai, adik-adik penggalang melanjutkan ke agendanya yaitu bersiap-siap ke pulau kapuk, maka dari itu mereka semua mencuci kaki, tangan, dan muka. setelah itu mereka ke pulau kapuk untuk istirahat karena besok di hari terakhir masih ada agenda kegiatan yang harus mereka taklukan.


0 Komentar