Gudep SMP PT Pasangkayu Gelar Perkemahan Sabtu Minggu -Part 1

Gudep SMP PT Pasangkayu Gelar Perkemahan Sabtu Minggu -Part 1

Pembukaan Persami dipimpin oleh Bapak Kepala Sekolah SMP PT Pasangkayu, Abdul Rais, S.Pd.I.

Pasangkayu (6/8) - SMP PT Pasangkayu mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) tanggal 5-6 Agustus 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahunnya oleh SMP PT Pasangkayu dan berlanjut.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan melatih kemandirian, kedisiplinan, gotong royong, meningkatkan kepedulian,  dan membentuk peserta didik yang cakap, mandiri, berkualitas serta berkarakter.

Teknis Pelaksanaan PERSAMI GUDEP 01.013 dan 01.104 pangkalan SMP PT Pasangkayu, para peserta diantar oleh orangtua di lokasi perkemahan serta membawa alat-alat pekemahannya seperti tenda, tongkat, senter, tikar, dan perlengkapan lainnya.

Adapun Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 86 dengan persetujuan orangtua dan panitia yang terlibat 30 peserta termasuk beberapa anggota OSIS yang ikut kegiatan itu.

Foto 1: Registrasi Siswa/i SMP PT Pasangkayu

Foto 2: Registrasi Siswa/i SMP PT Pasangkayu

Sebelum upacara pembukaan, terlebih dahulu peserta melakukan registrasi pukul 14.00 WITA oleh Kakak-kakak seniornya selaku Panitia PERSAMI yang merupakan siswa/i SMP PT Pasangkayu.

 
Penyerahan simbolis yakni kacu kepada anggota baru Gudep 01.013 & 01.014 
oleh Kepala Sekolah SMP PT Pasangkayu, Abdul Rais, S.Pd.I.

Setelah itu para peserta mendirikan tenda di lanjutkan Upacara pembukaan PERSAMI pukul 15.30 WITA diikuti seluruh peserta kelas 7 dan Anggota Pramuka Khusus yang sudah dibina, beserta para dewan Guru serta Wali kelas dan  kakak-kakak pembina yakni Bachrun Nur, S.Pd., Kakak Muh. Achir, dan Kakak Bara. Upacara langsung dipimpin oleh Bapak Abdul Rais, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah SMP PT Pasangkayu. Kemudian dilanjutkan pembukaan acara PERSAMI secara simbolis. Pukul 16.00 WITA sampai dengan selesai.

Lalu para peserta yang beragama islam melakukan sholat Maghrib secara berjamaah di Mushollah SMP PT Pasangkayu  yang berada disekitar lokasi perkemahan, kemudian peserta makan malam bersama dengan seniornya (Panitia). 
Kegiatan sarapan bersama Gudep SMP PT Pasangkayu

Peserta sangat senang dan bahagia bisa makan bersama dengan teman-temannya yang penuh dengan canda dan tawa. mereka juga diajak untuk bersih-bersih saat setelah makan yakni mencuci piringnya masing-masing yang ia bawa dari rumahnya. setelah sarapan, peserta belajar materi diruang yang disediakan untuk mengetahui kepramukaan bersama kakak seniornya. Materi yang diajarkan yaitu Pengenalan kepramukaan, Mengenal Sandi (Sandi Jepan, sandi morse, sandi kotak 1, sandi kotak 2, sandi huruf, sandi angka, sandi koordinat/merah putih, sandi abjad/balik, dan sandi ular), Sejarah pramuka, dan Yel-yel. Disamping itu peserta juga diajarkan untuk membuat Yel-yel per regu untuk dipentaskan (Pentas Seni) didampingi kakak seniornya setelah upacara api unggun.


Bersambung.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Kepala Sekolah : Abdul Rais, S.Pd.I.
Pembina Pramuka : Bachrun Nur
Pelatih Pramuka : Muh. Achir
Panitia/Pendamping: Anggota Pramuka dan OSIS









0 Komentar