Kompas 2nd “Practices Makes Perfect”

 

Mengawali tahun 2019 yang penuh efisiensi di segala lini, program Nucleon Sains Club hadir menyapa siswa siswi SMP PT Pasangkayu pada hari Sabtu, 4 Mei 2019 dengan nama KOMPAS 2ND bertemakan “Practices Makes Perfect” . KOMPAS (Kompetisi Pelajar Sains) adalah program unggulan dari Nucleon Sains Club yang bertujuan mewadahi dan mencari semangat dan talenta berkompetisi bidang sains bagi siswa siswi di SMP PT Pasangkayu.


 


KOMPAS kali ini merupakan seri kedua dari  Kompetisi Pelajar Sains di SMP PT Pasangkayu. KOMPAS pertama diselenggarakan pada Agustus 2017 dengan format lomba tertulis dan cerdas cermat.  Namun pada kegiatan KOMPAS kedua ini format lomba berubah menjadi praktikum sains sederhana yang menggunakan bahan sampah rumah tangga seperti kaleng, botol minuman, botol kecap, kertas bekas, kardus dan peralatan sederhana seperti gelas, baskom, dan sendok yang disiapkan sendiri oleh peserta lomba. 




Kegiatan ini diikuti oleh 15 tim perwakilan dari kelas 7 dan 8 SMP PT Pasangkayu. Masing masing tim beranggotakan 3-4 orang yang akan berdemonstrasi praktikum di hadapan 3 juri dari tim guru sains SMP PT Pasangkayu dalam waktu 10 menit. Disini tim dituntut untuk menampilkan yang terbaik dari yel-yel, pengenalan alat dan bahan, prosedur kegiatan dan pemberian analisis dan kesimpulan hasil praktik.


 


Antusiasme terlihat jelas di kalangan peserta dalam penampilan dan bahkan beberapa penonton turut mencoba dan aktif langsung dalam proses percobaan yang menarik. Tentunya panitia sudah menyiapkan doorprize untuk menambah meriah suasana lomba. Tepat dalam 2 jam dan 30 menit penjurian pun selesai dan tiba saat yang paling ditunggu, yakni pengumuman juara. Runner Up diperoleh dari tim “Fisika” VIII Celebes dan juara diraih oleh tim “Kaktus” kelas VII Sea. Ya, kelas 7 yang meraih juara,  sebuah kejutan yang lain dari kegiatan ini. Tak lupa panitia memberikan hadiah yang berasal dari Gramedia Palu berupa buku buku pelajaran seputar sains yang pasti akan berguna kelak.


Ucapan terimakasih untuk dukungan segala pihak terutama untuk panitia, siswa anggota Nucleon Sains Club kelas 9 yang telah bekerja keras dalam terselenggaranya acara KOMPAS 2ND “Practices Makes Perfect” ini dan besar harapan penulis agar KOMPAS bisa menjadi inspirasi untuk berkompetisi dalam bidang Sains untuk seluruh pelajar Astra, Salam Sains !! 👌👌👌

 

 

Best Regards

 

 

Yogi Ivano S.Pd

Pembina Nucleon Sains Club

SMP PT Pasangkayu




0 Komentar